Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Beriklan Properti di OLX

Tips Beriklan Properti di OLX. Untuk kamu yang belum tahu apakah itu OLX. Kita kasih gambarannya berkenaan OLX yah, agar kamu semakin memahami berkenaan peranan OLX yang saat ini jadi paling besar di Indonesia.

OLX yang awalnya namanya Tokobagus memayungi juta-an penjual dan konsumen di Indonesia. OLX bukan "TOKO ONLINE" tetapi cuma tempat untuk orang jualan dan cari barang tidak kepakai yang keadaannya masih pantas dipakai.

Tips Beriklan Properti di OLX

OLX tak pernah terima barang dari penjual dan tidak mengirim barang yang dibeli, jadi beberapa konsumen mengontak penjual langsung. Tak lagi lewat OLX, karena OLX cuma menyiarkan iklannya.


KENAPA HARUS BERIKLAN PROPERTI DI OLX ?

Menurut Founder OLX, mas Adez Aulia bahwa "83% properti yg di iklankan online diseluruh Indonesia itu ada di OLX."

Info dari CEO Algira Properti Kang Aldo Gilang Raharja, bahwa "70% rata-rata closing berasal dari OLX, baik dari premium list dan bahkan ada yg gratisan."


Artinya klo memang marketnya sebagian besar berkumpul disini, tentunya OLX menjadi tempat yang utama untuk beriklan properti.

Nah sekarang tunggu apalagi? 

Buat kamu yang belum punya akun OLX segera buat sekarang juga!

Tapi buat kamu yang sudah pernah atau baru pasang iklan di OLX ada sedikit tips dari saya.

“Iklan yang tayang di OLX sebelumnya akan melewati proses moderasi. Jadi sebelum beriklan sebaiknya kamu perhatikan beberapa hal ini ya!"


13 HAL YANG JANGAN KAMU LAKUKAN SAAT MAU BERIKLAN PROPERTY DI OLX


  1. Jangan asal asalan, buat Judul iklan harus sesuai dengan produknya,
  2. Jangan salah Kategori, Tempatkan kategori jualan yang sesuai dengan produk yang akan dijual. Klo mau jual rumah ya masukkan kategori iklan di kategori Properti >> Rumah >> Di Jual
  3. Jangan pasang no.Hp,WA, alamat email, alamat web dan kontak lainnya pada gambar, judul dan deskripsi, letakkan pada kolom yang telah disediakan.
  4. Jangan pasang kata depan pada judul : promo, sale, cuci gudang, BU, WTS dsb
  5. Jangan gunakan tanda baca atau fancy karakter pada judul
  6. Jangan pasang iklan yang sama pada 1 akun
  7. Jangan jual lebih dari 1 tipe rumah dalam 1 iklan. Berikan deskripsi hanya untuk 1 tipe rumah.
  8. Jangan di Copas 100%, jika mendapatkan materi iklan, lakukan modifikasi gunakan padanan kata lainnya pada beberapa kalimat, atau ubah susunan paragraphnya. Ini untuk menghindari dianggap duplicant content oleh moderator OLX.
  9. Jangan Asal-asalan tulis harga, Tuliskan harga rumah dengan benar, tidak dibenarkan menulis dengan Rp 123, Rp1 dll.
  10. Jangan tulis nilai Dp rumah pada kolom harga, masukkan harga jual rumah yang sebenarnya.
  11. Jangan upload foto rumah orang lain! Upload gambar/foto yang sesuai dengan rumah yang dijual, kualitas foto bagus, focus dan tidak miring.
  12. Jangan upload foto beresolusi rendah, Ukuran foto maks 5Mb/foto, untuk mobile apss max.2Mb/foto.
  13. Jangan lupa berdoa sebelum beriklan.


2 TIPE CALON CUSTOMER PROPERTI di OLX


PENCARI INFORMASI ( Researcher )

Tipe ini biasanya baru sekedar ingin lihat lihat, masih belum jelas mau cari rumah baru atau second, budget nya belum pasti, lokasi rumah belum tahu, mau dibogor atau depok, mau 2 kamar atau 3 kamar. 

Mereka baru dalam tahapan mencari informasi saja, sudah ada rencana beli, bisa jadi budgetnya nya belum ada. 

Atau budgetnya sudah ada tetapi mereka sendiri belum tau mau beli rumah dimana, harga berapa? Dan belinya kapan?


CALON BUYER ( Seeker)

Ditahapan ini mereka sudah siap membeli, gambaran lokasi, harga, dan desain rumahnya sudah jelas dan lebih spesifik. Tipe ini yang menjadi target market kita.

Kita abaikan saja tipe researcher yang masih galau melanda. Fokus pada tipe ini saja


Cara Calon Buyer Menemukan Properti idamannya di OLX

Tentunya kita tidak bisa melihatnya, tapi bisa mengetahuinya dari cara Ia mencari property

di OLX. Calon buyer yang siap membeli biasanya memasukkan data data seperti pada gambar diatas. Mengisi pilihan provinsi dan kota, memilih kategori rumah dan menuliskan kata pencarian. Lalu akhirnya menekan pilihan Dijual Berdasarkan contoh gambar.

Lalu bagaimana cara kita sebagai marketing untuk mendapatkan calon buyer lebih banyak, berdasarkan informasi sebelumnya diatas?


PAHAMI CARA BERPIKIR CALON BUYER PROPERTI

Anggap saja kita sudah menemukan calon buyer, yang ingin beli rumah di kota bogor


Jika calon buyer sudah mengambil keputusan ingin membeli rumah di kota bogor dan mengisi kolom pencarian seperti gambar diatas.

Maka OLX akan menampilkan seluruh iklan rumah yang dijual di kota bogor, maks. 3 iklan top listing akan dipasang dibagian teratas. Dan dibawahnya iklan gratisan berurutan berdasarkan yang upload terakhir kali berada paling teratas.

Pada saat saya search total ada 9469 iklan aktif. Banyak ya? Pastinya calon buyer yang cerdas tidak akan mencari sampai disini. Masih terlalu banyak pilihan dan akan sangat melelahkan.

Untuk mengkerucutkan pilihan, Calon buyer akan mulai mengisi Kolom KATA PENCARIAN

Di isi dengan kata atau kalimat yang sudah mereka targetkan, yang saat ini ada dipikiran mereka;

Yuk, kita gali lebih dalam isi pikiran mereka!


Contoh kasus perumahan yang sedang kita jual adalah algira town house 1 bantarjati bogor


Dan kita anggap calon buyer sudah memilih menargetkan mencari rumah disekitar bantarjati

Maka calon buyer kemungkinan besar akan menuliskan kata pencarian yang berhubungan langsung contohnya “bantarjati”. Dari hasil percobaan pencarian didapatkan 73 rumah yang dijual dikota bogor dengan kata pencarian tersebut.

Hasilnya OLX akan menampilkan iklan yang mengandung kata “bantarjati” pada judul dan alamat lokasi saja. Berurutan Berdasarkan urutan waktu upload paling akhir berada paling teratas.

Jika di judul dan alamat lokasi yang anda input tidak ada kata “bantarjati” maka iklan anda tidak akan ditampilkan.

TEMUKAN SEBANYAK MUNGKIN KATA PENCARIAN PROPERTI YANG RELEVAN

BAGAIMANA MENEMUKAN KATA PENCARIAN UTAMA, KATA PENCARIAN PENDUKUNG DAN KATA PENCARIAN TAMBAHAN


TEMUKAN

Coba TEMUKAN dari pikiran anda sendiri, kira kira hal apa saja yang berkaitan dengan rumah tersebut. Gunakan informasi yang didapatkan dari info produk yang kita jual.

Kata pencarian utama adalah berupa kata yang menjadi daya tarik utama yang memiliki nilai jual untuk property tersebut, bisa berkaitan secara langsung maupun tidak langsung,


Contoh kata pencarian utama yang berkaitan langsung, seperti;

  • Nama jalan
  • Nama daerah / kawasan
  • Nama kelurahan
  • Nama kecamatan
  • Nama perumahan
  • Nama stasiun/ terminal terdekat


Contoh kata pencarian utama yang tidak berkaitan langsung, seperti;

  • Nama jalan lain di sekitar lokasi yang lebih dikenal
  • Nama daerah kawasan lain disekitar lokasi yang lebih dikenal
  • Nama kelurahan lain disekitar lokasi yang lebih dikenal
  • Nama kecamatan lain disekitar lokasi yang lebih dikenal

Seringkali banyak perumahan atau rumah yang akan dijual menggunakan istilah kata dengan mengungkit/dompleng daerah lainnya yang sudah lebih dulu terkenal, sehingga menaikkan nilai jualnya.

Contoh, timur cibubur padahal sudah masuk cileungsi, selangkah dari kelapa gading padahal di daerah cakung, 10 menit dari Jakarta maksudnya sudah bukan daerah Jakarta lagi dan lain sebagainya.

Cibubur, kelapa gading, dan Jakarta Ini yang saya maksud bisa menjadi kata pencarian utama (KPU1) tidak berkaitan langsung tetapi lebih menjual dan menarik.

Kata Pencarian Pendukung (KPU2,KPU3 dst…) didapat setelah membuat daftar kata pencarian utama, dan ditentukan satu kata sebagai KPU1, sisanya selain itu kita masukkan sebagai kategori kata pencarian pendukung. maksimal 3-4 kata. Jika ada lebih dari itu masukkan sebagai Kata pencarian Tambahan.


Kata Pencarian Tambahan, bisa seperti contoh;

  • Bebas banjir
  • Strategis
  • Minimalis
  • Masuk mobil
  • Mewah
  • Murah
  • Objek wisata sekitar lokasi
  • Kecamatan lain disekitar lokasi
  • Kelurahan lain di sekitar lokasi
  • Daerah
  • Area
  • Hook
  • Dekat
  • Tanpa riba
  • Tanpa bank
  • Tanpa dp
  • dsb


Kita harus berpikir seperti cara buyer berpikir, kira kira kata/kalimat apa yang akan mereka tuliskan di kolom kata pencarian tersebut? Dan tentunya sesuai dengan rumah yang akan kita jual. Dan tetap harus RELEVAN.


Saatnya Membidik sasaran

TENTUKAN

  1. Tentukan SATU Kata Pencarian Utama
  2. Tentukan Kata Pencarian Pendukung.bisa 3-4 kata
  3. Tentukan Kata Pencarian Tambahan, sebanyak banyaknya. Ingat harus tetap relevan. LETAKKAN DAN SISIPKAN
  4. Sisipkan Kata Pencarian Utama (KPU1) pada judul dan alamat lokasi. Sebenarnya cukup di alamat lokasi, tetapi penempatan KPU1 pada judul akan lebih berpotensi meningkatkan klik dari pencari, karena pencari merasa cocok dengan judul iklan tersebut
  5. Letakkan Kata Pencarian Pendukung pada kolom alamat lokasi. bisa diletakkan hingga 3-4 kata pencarian, tetapi tetap harus mudah dibaca dan relevan. Peletakkan kata pencarian pada KOLOM ALAMAT LOKASI saya anggap lebih penting dibandingkan dengan peletakkan pada judul ataupun deskripsi.
  6. Sisipkan Kata Pencarian Tambahan, masukkan pada deskripsi, saya tidak menyarankan membuat susunan kata pencarian(keyword stuffing), buat kalimat yang tetap dapat dibaca secara enak oleh manusia. Jadikan kata pencarian tambahan memiliki nilai informatif bagi calon buyer


“CONTENT IS THE KING”

Buatlah iklan yang menarik yang bisa memberikan informasi yang sejelas-jelasnya, dengan melihat kaidah-kaidah diatas. bukan sekedar mengejar kata kunci pencarian, bukan sekedar asal pasang iklan.


TEST

TEST apakah kata pencarian utama pada kolom pencarian tampil pada SUGGESTION dari OLX, caranya ketik beberapa huruf awal kata yang ingin di test pada kolom pencarian, diamkan kursor hingga OLX memberikan suggestion.

Kata yang keluar di suggestion OLX, Kemungkinan besar kata tersebut bisa dijadikan kata pencarian, baik utama, pendukung maupun tambahan. karena sebelumnya sudah banyak yang mencari dengan kata tersebut.


JIKA KATA PENCARIAN SUDAH DITEMPATKAN, HAL APA LAGI YANGMEMPENGARUHI FAKTOR KLIK


1. Judul yang Menarik perhatian, terdapat kata pencarian dan Bombastis.

Kenapa harus menarik perhatian, dan terdapat kata pencarian?

Contoh;

A. Rumah 2 lantai di Bogor

B. Rumah 2 lantai Desain Mewah Harga Murah Dekat Stasiun Cilebut Bogor

Mana yang akan mengundang klik?

Di algira property marketingnya ada buanyak, yang klo semuanya pada ngiklan, bagaimana?. Klo judulnya biasa biasa saja yang klik respon nya biasa juga. Boleh sedikit bombastis, Tapi inget harus tetep Jujur.

Rumah 2 lantai desain mewah harga murah 👈 menarik perhatian

Rumah 2 lantai harga 1 lantai 👈 menarik perhatian

Dekat stasiun cilebut Bogor 👈 mengandung kata pencarian

Dekat Pemda Cibinong Bogor 👈 mengandung kata pencarian

Rumah 2 lantai Desain Mewah Harga Murah Dekat Stasiun Cilebut Bogor Berhadiah Mobil 👈 menarik perhatian, mengandung kata pencarian, bombastis, tapi tetep jujur.

*memang benar berhadiah mobil? Iya beneran grandprize bagi yang beruntung, klo nggak percaya silakan hubungi saya

Kalimat menarik perhatian harus di explore sendiri, karena apa? Karena tadi, marketing algira buanyak sehingga harus kreatif.


2. Gambar eyecatching, tidak pasaran, berkualitas. 

Klo gambarnya sama semua dengan semua agent, terus ada yang berbeda satu, ini bisa jadi factor klik.


3. Deskripsi lebih jelas, 

Setelah diklik calon buyer akan lebih menyukai iklan dengan deskripsi lebih jelas dan lengkap dibandingkan dengan iklan yang singkat, sesingkat iklan baris di Koran pos kota. Gunakan juga copywriting yang bagus dan menarik.


4. Jangan salah memasukkan lokasi properti,

ini penting!! yang di isi disini lokasi properti berada bukan lokasi anda saat ini.


5. Posting di waktu yang tepat, 

JANGAN posting iklan diatas jam 10 malam atau apalagi diatas jam 12 malam. Ke esokkan siang atau sore iklan anda sudah tenggelam. 

Disarankan beriklan pada sekitar jam 11:00 s/d 13:00 dan 16:00 s/d 20:00, dimana waktu itu banyak digunakan untuk berselancar di internet.


6. Sundul Iklan di waktu yang tepat.

Iya fasilitas ini berbayar, ini salah satu cara ampuh menempatkan iklan anda berada di posisi teratas. Klo sekedar pasang iklan dan tidak pernah di sundul, iklan anda akan terus tenggelam, semakin sulit ditemukan.

Yaa…Klo pake cara sundul semua nya juga bisa gan, tips diatas jika dipadukan dengan fasilitas sundul akan menjadi lebih powerfull.

Klo disundul terus tapi iklannya asal asalan hasilnya nggak akan maksimal.


7. Berdoa

Lagi-lagi tips dari saya banyak banyak berdoa, sempurnakan ikhtiar, pasrahkan kepada yang Kuasa. Klo rejeki nggak akan keman-mana.